Jumat, 31 Agustus 2012

The First: CURHAT ala CalonDokter

Yuhuu!! Hari ini CalonDokter senang banget. Mau tau? Ah, ga usah deh. Tetap mau tau juga? Hmm.. Kasih tau kagak yaaa. Bahahaha

Oke deh, saya kasih tau. Yaiyalah dikasih tau, kalo enggak ngapain postingan ini dibuat -_- Jadi ceritanya nih ya, tanggal 30 Agustus 2012 CalonDokter dapet e-mail curhat! Daann... ini yang pertama kalinya semenjak blog CalonDokter resmi dibuat pada tanggal 3 Juli 2012. 

Tapi sebelumnya, karena CalonDokter udah menjanjikan bahwa e-mail curhat yang datang data-datanya seperti: nama, e-mail & perguruan tinggi tidak akan dipublikasikan, maka kami cuma akan menyertakan isi e-mailnya saja & daerah dimana sahabat CalonDokter ini kuliah. Adil kan? Kebijakan ini dibuat agar si pengirim curhat merasa nyaman. Soalnya kan jarang ada orang yang mau data-datanya dipublikasikan di internet.

Baiklah, e-mail ini datang dari sahabat CalonDokter yang sedang berkuliah di salah satu perguruan tinggi di daerah Sumatera Barat. Tanpa banyak mukadimah lagi, yuk kita simak aja isi curhatnya yang berikut ini. Eiits, tapi tekan dulu tulisan 'baca selengkapnya' ya

Isi e-mail:

Halo kakak CalonDokter... :D

Aku dari FK Universitas X tahun 2012, baru 3 minggu belajar. Udah belajar Sumpah Dokter nih kak, dan minggu depan mulai belajar pengantar sel lho. Hehe

Aku mau nanya nih kak, sejauh ini aku belum tahu secara lengkap apa aja sih ujian-ujian yang biasanya diujikan pada Mahasiswa FK. Yang aku tahu dan pernah denger itu ada ujian OSCE, SOCA, dan aku sendiri udah cari-cari info tapi belum dapet yang benernya gimana kak.

Aku mesti siapin diri mulai sekarang nih kak, alesannya biar nggak keteteran di akhir-akhir minggu dan nggak stres. :D

Terima kasih banyak infonya kakak CalonDokter :D

Jawaban dari CalonDokter:

Halo juga :D
Terima kasih atas kunjungannya ya.. :)
Sebelumnya, like halaman CalonDokter11 melalui Facebook di link ini ya : http://www.facebook.com/CalonDokter11 dan follow kami di Twitter @CalonDokter11

Baiklah saya akan sharing dari awal sistem kuliah FK ini, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan sistem di kampus kita sama ya :)

Sistem di kampus saya menganut sistem Blok, biasanya 1 semester terdiri dari 3 blok dan 2 MKU. Kegiatan umum mahasiswa selain kuliah di dalam kelas, ada juga praktikum "anatomi, fisiologi, biokimia, histologi, patologi anatomi dan patologi klinik" masing-masing sesuai kebutuhan blok dan akan diadakan evaluasi setiap akhir pokok pembahasan. Misalnya anatomi, evaluasi diadakan dalam bentuk 'tentamen'. Biasanya dokter atau asisten dosen akan memberikan 100 buah soal, yang di dalamnya ada pertanyaan dan ada juga nanti kita memberikan jawaban atas nama bagian organ yang ditunjuk langsung. Untuk praktikum lainnya tidak jauh berbeda tetapi hanya jumlah soalnya saja yang lebih sedikit.

Kegiatan mingguan yang biasa yaitu "Tutorial" yang mengunakan sistem PBL (problem based learning), merupakan suatu diskusi student centred dengan dasar suatu kasus/masalah yang harus diolah dan ditemukan serta dipelajari tujuan pembelajarannya. Dalam tutorial, terdapat 6 skenario dan dalam 1 Blok biasanya terdapat 15 kali "Kuliah Pakar" yang berfungsi untuk kita memperdalam apa yang kita pelajari selama Tutorial. Apabila dalam 1 blok kita telah menyelesaikan 6 skenario tersebut serta 15 kali kuliah pakar, maka akan diadakan UJIAN BLOK. 

Berikutnya praktikum "Skill Lab", yaitu kegiatan mingguan yang mengajarkan keterampilan medis dasar bagi mahasiswa pra-klinik. Seperti yang telah saya sebutkan di atas, nantinya Skill Lab ini juga akan diadakan evaluasi. Kalau dikampus saya, evaluasi diadakan seminggu sekali, tetapi ada juga kampus lain yang mengadakannya setiap akhir Blok. 

Untuk MKU juga ada ujiannya tersendiri. Biasanya setiap 16 kali pertemuan atau di akhir semester akan diadakan ujian final. 

Sedangkan "SOCA (Student Oral Case Analysis)" adalah suatu bentuk ujian dimana kompetensi analisa mahasiswa kedokteran diuji dengan suatu kasus dan dipresentasikan secara lisan. sedangkan "OSCE (objective structured clinical examination)" yaitu ujian dengan berbagai station yang menguji keterampilan medik dasar (skill Lab) para mahasiswa yang sudah dilatih selama 1 semester. Untuk waktu pengujian atau waktu ujian SOCA dan OSCE tergantung dari peraturan fakultas masing-masing, kamu bisa langsung menanyakan kepada dokter pembimbing ataupun kakak leting untuk lebih jelasnya

Sekian dari CalonDokter semoga bermanfaat.. :) 

jika kamu menyukai postingan CalonDokter silakan share ke teman-teman yang lain ya.. 

Main Admin,

CalonDokter

3 komentar:

  1. Terima kasih kak CalonDokter :D
    Jadi, tiap kegiatan yang kita lalui itu ada evaluasinya. Begitu kan kak?
    Kemampuan analisa kita di tutorial akan diuji di SOCA, keterampilan lab atau skill lab dengan ujian skill lab tiap bloknya dan OSCE tiap semesternya, praktikum dengan...yang namanya tentamen itu, dan MKU dengan ujian final.
    Infonya sangat membantu kak. Sukses besar buat calondokter11.blogspot.com :D
    Saya merasa lebih siap buat jadi dokter! (baru juga maba) hahaha :)

    BalasHapus
  2. kak, katanya perguruan tingginya gak bakal di publish, tpi kok itu ada,, "Fk unand 2012" ???
    (≧∇≦)//

    hehehehehehe

    BalasHapus
  3. @Radhiatul Mardhiah:
    iya, itu bukan kesalahan teknis kok, itukan isi komen si pencurhat, jadi memang disertakan semuanya. Lagian tuh yg curhat nongol di comment paling atas. Wkwk XDD

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar!
Kami akan dengan senang hati menerima komentar dan respon positif yang sahabat Calon Dokter berikan :)