Minggu, 12 Agustus 2012

Klasifikasi Etiologi Penyakit

Setelah kita mengetahui tentang Konsep Umum Penyakit sekarang kita akan membahas tentang Klasifikasi Etiologi Penyakit. Untuk tidak memperpanjang mukadimah, langsung saja kita bahas ya :)

Apa itu penyakit Herediter atau Familial?

Penyakit herediter disebabkan oleh kelainan herediter di dalam kromomsom atau gen pada satu atau kedua orang tua yang diturunkan pada keturunannya. Kromosom yang berubah dapat menyebabkan dihasilkannya protein abnormal yang mengakibatkan terganggunya fungsi tubuh yang penting. Salah satu contoh gangguan kromosom adalah sindrom down yang disebabkan oleh jumlah kromosom abnormal pada posisi 21.

Harus diketahui tidak semua penyakit familial (yang terdapat dalam keluarga) adalah herediter, beberapa penyakit dapat disebabkan oleh pengaruh lingkungan yang memajan suatu keluarga (misal, defisiensi gizi) sedangkan penyakit lain dapat diakibatkan dari mutasi gen baru pada keturunan.

Penyakit Kongenital 

Penyakit kongenital terdapat pada saat lahir; beberapa diturunkan sedangkan yang lain dapat disebabkan oleh cacat perkembangan yang asalnya diketahui atau tidak diketahui. Tidak semua penyakit herediter adalah kongenital (terdapat saat lahir) dan tidak semua penyakit kongenital adalah herediter. Sebagai contoh, penyakit Huntington adalah herediter tetapi tidak bermanifestasi hingga usia pertengahan. Sindrom alkohol janin adalah kongenital tetapi diakibatkan dari seseorang ibu hamil yang mengingesti alkohol. 

Penyakit Toksik 

Penyakit toksik disebabkan oleh ingesti racun. sebagai contoh, inhalasi karbon monoksida dari buangan kendaraan bermotor di dalam garasi yang tertutupdapat menyebabkan hipoksia jaringan dan kematian 

Penyakit Infeksi 

Diakibatkan dari invasi organisme pantogen hidup (misal, bakteri, virus, jamur, protozoa, cacing darah, dan cacing) 

Penyakit Traumatik 

Disebabkan oleh cedera fisik, cedrea mekanis kasar, panas atau dinginn yang ekstrem, listrik, dan radiasi merupakan contoh-contoh agen fisik yang dapat mengakibatkan trauma tubuh. 

Penyakit Degeneratif 

Kelainan primer adalah degenerasi berbagai bagian tubuh. Penyakit degeratif berkaitan dengan proses proses penuaan normaldan semakin sering dengan meningkatnya rentang hidup. Penykit degeratif yang sering terjadi adalah osteoartritis dan arteriosklerosis. 

Penyakit Imunologik

Sistem imun secaranormal melindungi terhadap invasi antigen asing dan kanker. Hipersensitivitas (alergi), autoimunitas, dan imunodefisiensi merupakan tiga tipe reaksi imun dengan pengaruh yang membahayakan individu. Autoimunitas meliputi hilangnya toleransi terhadap antigen sendiri sehingga reaksi imun dibentuk untuk melawan diri sendiri. salah satu contohnya, lupus entematosus sistemik. 

Penyakit Neoplastik 

Penyakit neoplastik ditandai dengan pertumbuhan sel abnormal yang menyebabakan berbagai tumor jinak dan ganas.

Penyakit Metabolik 

Diakibatkan oleh gangguan pada beberapa proses metabolik penting di dalam tubuh sebagai contoh, tiroid dapat tidak mengatur kecepatan metabolisme sel secara benar atau sel-sel dapat tidak menggunakan glukosa secara normal. 

Penyakit Molekular 

Diakibatkan oleh kelainan molekular tunggal yang menyebabkan abnormalitas produk molekular pada aktivitas selular. Banyak penyakit bersifat genetik. sebagai contoh, anemia bulan sabit diakibatkan urutan yang salah pada dua asam amino didalam molekul hemoglobin yang menyebabkan bentuk abnormal (sabit) pada karakteristik sel darah merah pada penyakit ini. 

Penyakit Psikogenik 

Dimulai di dalam pikiran, berasal dari emosional atau psikologik dalam kaitannya dengan suatu gejala.contoh; skizofnia, berbagai jenis demensia. Faktor-faktor emosional turut berkontribusi pada banyak penyakit organik. 

Penyakit Iatrogenik 

Suatu penyakit atau gangguan yang ditimbulkan secara tidak disengaja sebagai akibat pengobatan yang dilakukan oleh tenaga perawatan kesehatan untuk beberapa gangguan lain. 

Penyakit Idiopatik 

Penyakit yang penyebabnya tidak diketahui. Pada lebih dari 90% kasus disebabkan hipertensi, dengan demikian penyakit ini disebut dengan hipertensi esensial atau idopatik. 

Sekian Klasifikasi Etiologi Penyakit, Semoga bermanfaat.. 

Sumber : 
Patofisiologi (Ed 6, Vol 1) : Sylvia A. Price & Lorraine M. Wilson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ayo budayakan berkomentar!
Kami akan dengan senang hati menerima komentar dan respon positif yang sahabat Calon Dokter berikan :)