Jumat, 31 Agustus 2012

Cairan Ekstrasel dan Cairan Intrasel

Kira-kira 60 persen tubuh manusia dewasa berupa cairan, terutama berupa suatu larutan ion dan zat-zat lain di dalam medium air. 2/3 cairan ini terdapat di dalam sel dan disebut cairan Intrasel, dan sepertiganya berada di ruang-ruang di luar sel dan disebut cairan ekstrasel. Cairan ekstrasel ini terus-menerus bergerak ke seluruh tubuh dan dengan cepat diangkut di dalam sirkulasi darah dan selanjutnya tercampur diantara darah dan cairan jaringan dengan berdifusi melalui dinding kapiler.

Di dalam cairan ekstrasel, terdapat berbagai ion dan nutrien yang diperlukan oleh sel untuk
mempertahankan kehidupan sel. Dengan demikian, pada dasarnya semua sel hidup di dalam lingkungan yang sama, yaitu "Cairan Ekstrasel". Dengan alasan ini, cairan ekstrasel juga disebut sebagai lingkungan dalam tubuh, atau milieu interieur, istilah yang dicetuskan lebih dari 100 tahun yang lalu oleh seorang ahli fisiologi Perancis abad ke-19 yang terkenal, yaitu Claude Bernard.

Sel mampu hidup, tumbuh, dan melaksanakan berbagai fungsi khususnya selama di lingkungan dalam tersebut tersedia oksigen, glukosa, berbagai ion, asam amino, lemak, serta unsur-unsur pokok lain dalam konsentrasi yang tepat.

Perbedaan antara Cairan Ekstrasel dan Intrasel

Cairan ekstrasel mengandung banyak ion natrium, klorida, dan bikarbonat plus berbagai nutrien untuk sel, seperti oksigen, glukosa, asam lemak, dan asam amino. Cairan ekstrasel juga mengandung karbon dioksida yang diangkut dari sel ke paru untuk di ekskresi, ditambah berbagai produk sampah sel lainnya yang diangkut ke ginjal untuk diekskresi.

Cairan intrasel sangat berbeda dari cairan ekstrasel; secara spesifik, cairan intrasel mengandung banyak sekali ion kalium, magnesium, dan fosfat dari pada ion natrium dan klorida yang banyak ditemukan di dalam cairan ekstrasel. unutk mempertahankan perbedaan konsentrasi ion tersebut di antara cairan ekstrasel dan intrasel digunakan berbagai mekanisme khusus untuk pengangkutan ion melalui membran sel.

Sumber :
Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Ed. 11 : Guyton & Hall

2 komentar:

  1. lumayan buat wawasan
    mampir balik ya vasacell.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih sudah membaca :)
      oke, langsung ke TKP gan!

      Hapus

Ayo budayakan berkomentar!
Kami akan dengan senang hati menerima komentar dan respon positif yang sahabat Calon Dokter berikan :)