Jumat, 23 November 2012

Cara Belajar Efektif

Kali ini sahabat calon dokter dari universitas swasta yang masih duduk disemester 1 bertanya bagaimana cara belajar yang efektif kepada admin. Hmm, sebenarnya admin bingung harus menjelaskan dari mana karena admin juga pernah kecolongan dan mengabaikan apa yang telah admin rencanakan dalam soal belajar seperti yang diceritakan dalam postingan Balada Ujian Blok. tapi karena admin teringat akan hadits yang menyatakan "Sampaikanlah walau satu ayat", akhirnya admin menimbang untuk coba menyampaikan walaupun tentu pasti ada kekurangannya.

Sebelumnya, admin benar-benar lagi kumat sifat ustadznya. Jadi, postingan ini bakalan panjang dan agak ngebosanin bagi kalian yang menganggap remeh. Tapi, bagi kalian yang serius ingin merenungkan diri dan mencari jawaban tentang 'bagaimana sih cara belajar yang efektif?', admin yakin kalau kalian benar-benar meresapi ceramah admin kali ini kalian pasti bakal bisa merubah diri untuk menjadi seseorang yang lebih baik lagi.


Inilah isi curhatan sahabat kita :

bagaimana ya cara belajar menghafal yang baik? cara belajar yang baik mahasiswa kedokteran? aku merasa masih susah untuk belajar serius seperti waktu msih duduk di bangku sekolah, apa karena di asrama banyak tmennya?

Baiklah kita mulai postingan kali ini, pertama-tama admin akan membaca,

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

1. Penegasan Diri
Pertama sekali yang harus kita tanyakan ke diri kita setelah masuk perguruan tinggi khususnya Mahasiswa Kedokteran ialah "siapa kita ?", "dimana kita ?" dan "mau kemana kita ?". menurut admin hal ini sangat perlu kita tanyakan untuk penegasan kepada diri kita agar kita tahu siapa diri kita, dimana kita sekarang, dan mau kemana kita setelah menyelesaikan pendidikan kedokteran.

Temukan Jati Dirimu!
taken from: putri-permatasari.blogspot.com

Kita harus tahu kalau kita sekarang adalah mahasiswa yang ditugaskan oleh orang tua kita untuk menjalani pendidikan, dan kita harus pikirkan orang tua yang telah membesarkan kita dan membanting tulang untuk membiayai kita. Kita sekarang berada di Fakultas Kedokteran, tidak mudah untuk menjadi seorang dokter, kita harus menjalani jadwal kuliah yang padat selama 7 semester (3,5 tahun) dan setelah pendidikan di Fakultas selesai kita akan memulai kegiatan kepaniteraan klinik di rumah sakit selama 1,5 sampai 2 tahun sebagai dokter muda atau COAS. 

MUDAH??? tentu tidak, jika kita tidak belajar dengan sungguh-sungguh lama pendidikan kedokteran bahkan bisa 2 kali dari yang telah disampaikan di atas. Mau kemana kita? inilah akhir dari hasil pendidikan kita. Sudah jadi DOKTER??? Sudah, kita sudah mendapatkan Ijazah dan TITLE DOKTER yang kita impi-impikan, tapi banyak yang harus kita lalui untuk mendapatkan izin praktek atau sering di sebut Surat Tanda Registrasi (STR). 

Pertama sekali kita harus mengikuti UKDI yang di adakan tiga bulan sekali. UKDI adalah uji kompetensi yang harus ditempuh oleh dokter yang baru lulus Fakultas Kedokteran. Sekedar bocoran banyak dokter-dokter yang baru menyelesaikan pendidikan kedokteran tidak lulus UKDI dan bahkan baru lulus sesudah mengikuti ujian yang kedelapan. Apabila kita lulus, kita baru bisa mendapatkan sertifikat kompetensi (Serkom). SUDAH SELESAI??? Belum, Ijazah dan serkom adalah syarat agar kita bisa mengikuti INTERNSIPH.

Internship merupakan suatu program magang bagi dokter yang baru menyelesaikan masa pendidikan profesi dan telah mendapatkan sertifikat kompetensi, dengan tujuan untuk menerapkan kompetensi yang diperoleh selama pendidikan, secara terintegrasi, komprehensif, mandiri serta menggunakan pendekatan kedokteran keluarga dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan. Disini juga sangat menentukan karena apabila setelah melewati jangka waktu tertentu peserta Internsip tidak memenuhi persyaratan sesuai ketentuan, maka dinyatakan tidak dapat melanjutkan program Internsip dan tidak boleh berpraktik profesi dokter.

Jadi, "MAU KEMANA KITA ???" mau menjadi dokter yang tidak memiliki izin praktek (dokter-dokteran) atau menjadi dokter yang benar-benar dokter???

semua tergantung niat dan penegasan diri kita sendiri. Jadi, singkirkan hal-hal yang tidak bermanfaat bagi kita. Banyak teman bukan berarti untuk menghambat langkah kita, tapi untuk membuat kita maju lebih baik.

2. Mengenal Diri
Setelah melakukan penegasan selanjutnya kita harus mengenal diri kita agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam menjalani pendidikan. kita harus tahu kalau masing-masing kita memliliki tipe dan gaya belajar sendiri-sendiri, kemampuan kita dalam menangkap materi dan pelajaran tergantung dari gaya belajar kita. Gaya belajar terbagi menjadi Visual, Auditori, dan Kinestetik (untuk info lebih lanjut bisa tanya sama mbah google).

Kita pasti bosan belajar kan??? dan terkadang apa yang kita pelajari tidak ada satupun yang lengket... Selain gaya belajar kita juga harus mengetahui kapan puncak diri kita dalam menikmati pelajaran dan bagaimana agar diri kita dapat menikmatinya (tidak bosan). Hal ini bertujuan agar otak dapat menyerap apa yang ingin kita pelajari. contohnya, admin lebih suka belajar pada malam hari karena admin merasa disitulah puncak admin. Ada penelitian mengatakan otak lebih mudah menangkap materi pada pagi hari, admin setuju tapi setiap individu kan berbeda. untuk menghilangkan bosan saat belajar admin melampiaskannya ke makanan baik makanan ringan maupun berat, sambil belajar sambil makan-makan, hehee. Intinya buat diri senyaman mungkin untuk menerima materi yang akan kita pelajari.

3. Menghafal ≠ Memahami
Tujuan utama belajar adalah untuk memahami suatu materi dan bukan hanya sekedar menghafal. Mengfahal memang efektif untuk mendapatkan nilai yang bagus, tapi apakah pengetahuan kita bertambah??? Tidak. Pahamilah materi dengan mempelajari konsep-konsepnya, bagaimana hal itu bisa terjadi, mengapa, apa selanjutnya??? begitulah cara berpikir yang harus dikembangkan meskipun memakan waktu yang cukup lama. Sehingga kita akan tahu materi yang telah kita pelajari walaupun di berikan pertanyaan yang berbelit. Admin pernah mendengar satu kalimat dari sebuah film (3 idiots), yaitu; "Dengan menghafal, kamu bisa menghemat waktumu selama 4 tahun di universitas, namun kau telah menghancurkan 40 tahun hidupmu kedepan". SETUJU???

4. Cari Alternatife
Admin akui bahwa admin sering malas belajar. Bagaimana dengan sahabat calon dokter??? tapi jangan biarkan malas mengalahkan kita, kita harus mencari alternatife mengatasi malas. mungkin ini bermanfaat bagi sahabat pembaca calon dokter, karena bagi admin alternatife ini sangat membantu

Ringkasan Kuliah Pakar
Sekilas Mengenai Isi didalamnya

Ya.... mengecilkan bahan bacaan atau meringkas bahan bacaan menjadi kecil merupakan salah satu alternatife yang sangat membantu, karena ringkasan ini bisa bisa dimasukkan ke saku baju dan dibawa kemana saja, sehingga jika kita ada waktu kita bisa membaca ringkasan tersebut, tapi ingat pahami apa yang di baca bukan sekedar menghafal. 

Banyak dari kita yang tidak pede belajar di depan orang ramai atau ada yang malu (takut diejek) kalau membaca buku yang tebal. Alternatife ini juga bisa membantu. Usahakan dalam satu hari kita ada belajar minimal 1 jam.

Alternatife lainnya adalah...
taken from: en.wikipedia.org

Apa itu??? itu adalah recorder. ini adalah alternatife lain, kita dapat merekam apa yang disampaikan oleh dokter (dosen) pengajar kita untuk kita dengarkan kembali jika kita inginkan. Tak perlu waktu luang untuk belajar menggunakan alternatife ini, karena kita bisa mendengarkan isi kuliah dimana dan kapan pun kita ingin mendengarkan. contoh, ketika makan, ketika istirahat di kamar, bahkan sambil mengendarai kendaraan.

Alternatife ini juga sangat membantu untuk yang memilki gaya belajar Auditori. Untuk merekam isi kuliah kita tidak mesti menggunakan recorder khusus seperti recorder di atas (karena harus keluar uang untuk beli recorder khusus, hehee #Pelit), kita bisa menfaatkan fasilitas yang sudah kita miliki seperti HP atau mp3/mp4 player yang kita miliki.

5. Diskusi
taken from: line-tcs.blogspot.com

Ajak teman sejawat kita untuk melakukan diskusi tentang apa yang sudah kita pelajari. Dengan melakukan diskusi, nantinya akan bisa saling sharing dengan teman-teman yang lain mengenai pokok-pokok materi pelajaran yang mungkin sulit dipecahkan atau dipahami. Diskusi juga dapat menjadi parameter bagi kita untuk mengetahui seberapa banyak dan apa kekurangan kita dalam penguasaan materi.

Alhamdulillah akhirnya selesai juga postingan ini, semoga bermanfaat buat sahabat calon dokter. Mohon komentarnya untuk menambah wawasan dan demi kemajuan blog ini..

Referensi : pengalaman, sharing antar teman, dan nasehat orang tua serta dokter pembimbing :)

14 komentar:

  1. belajar sambil bermain lebih asik, yukk gabung :D

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Assalamu`alaikum ......, Kunjungilah Klik www.salafyciampeabogor.blogspot.com
      Semoga mendapatkan ilmu syar`i yang shohih
      Baarakallahu fiikum.

      Hapus
  3. mantap, thx uda berbagi

    www.kingmotivation.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Assalamu`alaikum ......, Kunjungilah Klik www.salafyciampeabogor.blogspot.com
    Semoga mendapatkan ilmu syar`i yang shohih
    Baarakallahu fiikum.

    BalasHapus
  5. Hidup saya berubah setelah masuk FK. di rumah terus, belum tentu belajar, tapi malah kebingungan ngapain. saya jarang keluar. kesehatan menurun. dulu bisa lari 12 menit 6x lapangan bola, push up 50x, pull up 12x. sekarang saya mau mencoba untuk kembali seperti saya yg dulu, dan saya mencoba untuk dapat belajar dgn baik.

    BalasHapus
  6. setelah lulus sbg S.Ked thap selanjutnya adalah COAS dan mengikuti ujian kompetensi yg diadakan 3 bulan sekali. apakah ujian tsb bersamaan dgn coas? jad sambil coas sambil ujian kompetensi? hal apa saja yg diujikan pada ujian kompetensi tsb? dan baaimana agar lulus internship? terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  7. yg paling susah melawan rasa malas itu aja...

    BalasHapus
  8. bagaimana caranya agar saran admin bisa dilaksanakan oleh saya jika saya dalam lingkungan yang saya kurang suka?

    BalasHapus
  9. Manusia mampu mengembangkan otaknya menyerupai super komputer sehingga mampu menghafal dan memahami berbagai ilmu dalam waktu yang sangat singkat,lihat rahasianya di www.bakatsuper.com

    BalasHapus
  10. Sekarang ashtrid kan udh di sem 1 fk nih, jdi ashtrid mau minta tips gimana nih bagi yang lupa sama pelajaran sma, apalagi yang sma nya pelajarannya gk sebagus di sma lain, soalnya lulusnya lewat snm, nah itu gimana caranya agar mudah nyanbung saat dosen ngajar?, soalnya klo ngulang dri awal bakal butuh waktu lama kayanya

    BalasHapus
  11. Sekarang ashtrid kan udh di sem 1 fk nih, jdi ashtrid mau minta tips gimana nih bagi yang lupa sama pelajaran sma, apalagi yang sma nya pelajarannya gk sebagus di sma lain, soalnya lulusnya lewat snm, nah itu gimana caranya agar mudah nyanbung saat dosen ngajar?, soalnya klo ngulang dri awal bakal butuh waktu lama kayanya

    BalasHapus
  12. Sekarang ashtrid kan udh di sem 1 fk nih, jdi ashtrid mau minta tips gimana nih bagi yang lupa sama pelajaran sma, apalagi yang sma nya pelajarannya gk sebagus di sma lain, soalnya lulusnya lewat snm, nah itu gimana caranya agar mudah nyanbung saat dosen ngajar?, soalnya klo ngulang dri awal bakal butuh waktu lama kayanya

    BalasHapus
  13. Terimakasih banyak semoga bermanfaat bagi saya dan yg lain . Sukses terus dengan ikhlas dan bissmillah saya berjuang untuk mengabdi sebagai dokter nantinya

    BalasHapus

Ayo budayakan berkomentar!
Kami akan dengan senang hati menerima komentar dan respon positif yang sahabat Calon Dokter berikan :)